Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28204
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HAYANI, WIRDA | - |
dc.date.accessioned | 2025-08-04T02:27:35Z | - |
dc.date.available | 2025-08-04T02:27:35Z | - |
dc.date.issued | 2025-06-17 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28204 | - |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan, 2) untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dalam bentuk desain penelitian Posttest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini memperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 86,22 dan kelas kontrol menggunakan model konvensional yaitu 71,08, serta hasil penelitian ini menunjukan kedua variabel menyatakan nilai normalitas dan homogenitas yang baik diatas nilai standar 0,05. Sedangkan berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,7862, selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf signifikan α = 5% dengan Db= n1+ n2-2 = 69 maka diperoleh ttabel = 1,667. Demikian dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 4,7862 > 1,667 maka Ha diterima dengan hipotesis terdapat adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2024-2025. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD | en_US |
dc.subject | Menulis Teks Eksplanasi | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI WIRDA HAYANI FIX SIDANG LUX.pdf | Full Text | 7.28 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.