Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28025
Title: PENGARUH INVESTASI DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI INDONESIA
Authors: Pratiwi, Aliya Fernanda
Keywords: Investasi Digital;E-commerce
Issue Date: 13-Mar-2025
Publisher: umsu
Abstract: Dari Data Kostondium sentral Efek Indonesia (KSEI), pada bulan Mei 2022, jumlah investor di pasar modal mencapai sebanyak 8,85 juta atau lebih tepatnya 8. 859. 468 individu. Angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 18,28% dibandingkan dengan kelompok usia 30 tahun hingga 60 tahun. Jika dilihat berdasarkan nilai aset, investasi dikuasai oleh mereka yang berusia di atas 60 tahun, yang meskipun hanya berkontribusi 2,7% dalam jumlah, tetapi nilai asetnya mencapai 539 triliun. Selain itu, para investor yang bekerja sebagai pegawai baik swasta maupun negeri banyak berkolaborasi dengan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pemasaran produk dan jasa. Teknologi berperan penting dalam mempercepat kemajuan UMKM agar dapat bersaing di tingkat global. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif berbentuk angka atau bilangan yang bertujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teori-teori yang sudah ada.Berdasarkan hasil regresi linear berganda yang telah dilakukan ternyata berpengaruh tidak signifikan positif dikarenakan nilai dari t-statisticnya sebesar 0.045636, serta nilai probabilitasnya 0.9640 (0.05). Maka dapat disimpulkan nilali investasi digital berpengaruh tidak signifikan dan positif terhadap pendapatan UMKM.Berdasarkan hasil regresi linear berganda yang telah dilakukan ternyata berpengaruh signifikan positif dikarenakan nilai dari t-statisticnya sebesar 9.966207, serta nilai probabilitasnya 0.0000 (0.05). Maka dapat disimpulkan nilai konsumsi digital (KD) berpengaruh signifikan dan positif terhadap UMKM. Berdasarkan hasil regresi linear berganda yang telah dilakukan ternyata berpengaruh signifikan negatif dikarenakan nilai dari t-statisticnya sebesar 3.160923, serta nilai probabilitasnya 0.0047 (0.05). Maka dapat disimpulkan nilali produk domestik bruto (PDB) berpengaruh signifikan dan negatif terhadap UMKM. 1. Investasi digital ternyata berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap umkm, investasi digital yang memeberikan akses pasar yang lebih luas bagi pelaku UMKM, karena hal ini dapat membantu meningkatkan daya saing di pasar global.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28025
Appears in Collections:Economic development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AKHIR ALIYA FERNANDA P.pdfFull Text2.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.