Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28001
Title: PERAN YAYASAN MEDAN GENERASI IMPIAN DALAM MENINGKATKAN AKSES PENDIDIKAN BAGI KELOMPOK ANAK MISKIN PERKOTAAN
Authors: MIFTAHUL, HUDA
Keywords: Akses Pendidikan;Anak Miskin Perkotaan;New Hope Class;Children Sponsorship Program;Pendidikan Holistik
Issue Date: 20-Mar-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Yayasan Medan Generasi Impian dalam meningkatkan akses pendidikan bagi anak miskin perkotaan. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling, penelitian ini melibatkan koordinator yayasan, orang tua siswa, dan siswa sebagai narasumber, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yayasan berperan penting melalui program seperti New Hope Class, yang menyediakan bimbingan belajar tambahan untuk mendukung pembelajaran akademik dan pengembangan karakter, serta Children Sponsorship Program, yang menjembatani siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu dengan sponsor untuk membantu kebutuhan pendidikan mereka. Yayasan juga menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai, seperti ruang belajar nyaman dan akses teknologi, serta bekerja sama dengan komunitas lokal untuk memastikan pemerataan akses pendidikan. Program-program ini tidak hanya berfokus pada peningkatan prestasi akademik, tetapi juga membangun individu dengan nilai moral yang kuat dan keterampilan hidup. Meskipun demikian, tantangan berupa keterbatasan sumber daya dan keberlanjutan program memerlukan strategi lanjutan untuk menjamin keberhasilan jangka panjang. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran yayasan dalam mengurangi kesenjangan pendidikan di kalangan anak miskin perkotaan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28001
Appears in Collections:Social Welfare Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MIFTAHUL HUDA (2003090095).pdfFull text5.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.