Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27853
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFebby, Febriani-
dc.date.accessioned2025-06-21T09:04:14Z-
dc.date.available2025-06-21T09:04:14Z-
dc.date.issued2025-02-23-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/27853-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh adopsi teknologi, akses pasar digital, dan inovasi produk terhadap daya saing UMKM di era transformasi digital. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan alat bantu SmartPLS. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 pelaku UMKM yang telah mengadopsi teknologi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel akses pasar digital yang memiliki pengaruh signifikan terhadap daya saing UMKM, sementara adopsi teknologi dan inovasi produk tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menekankan pentingnya optimalisasi pemanfaatan pasar digital oleh UMKM untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan posisi mereka di tengah persaingan pasar. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi strategi agar UMKM mampu meningkatkan daya saing secara berkelanjutan melalui penguatan digitalisasi dan inovasi yang lebih terarah.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectUMKMen_US
dc.subjectadopsi teknologien_US
dc.subjectakses pasar digitalen_US
dc.subjectinovasi produken_US
dc.subjectdaya saingen_US
dc.subjecttransformasi digitalen_US
dc.titleANALISIS ADOPSI TEKNOLOGI, AKSES PASAR DIGITAL, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP DAYA SAING UMKM DI ERA TRANSFORMASI DIGITALen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Economic development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi Febby Uda semua.pdfFull Text7.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.