Research Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ASIK BERBANTUAN CANVA PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD SWASTA BAKTI 1

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, MEGA INTAN PERMATA
dc.date.accessioned 2025-05-10T04:06:26Z
dc.date.available 2025-05-10T04:06:26Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27130
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan bentuk studi pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran "Kartu ASIK" untuk mendukung proses belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas IV di SD Swasta Bakti 1. Latar belakang dari penelitian ini adalah terbatasnya ketersediaan fasilitas dan infrastruktur yang terdapat di lingkungan sekolah dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang optimal. Dalam upaya meningkatkan pembelajaran IPAS, khususnya pada materi "Indonesiaku Kaya Budaya", dikembangkan media pembelajaran Kartu ASIK sebagai alat bantu dalam proses pengajaran. Pengembangan media ini mengikuti Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan utama: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini melibatkan satu orang guru wali kelas serta 20 siswa kelas IV sebagai responden. Instrumen yang digunakan berupa angket, dengan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi yang ditujukan kepada tiga orang ahli serta angket kepraktisan yang diberikan kepada guru dan peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa bahwa media pembelajaran Kartu ASIK layak digunakan dalam pembelajaran, dengan memperoleh rata-rata nilai 89% dari validator ahli desain media (kategori layak), 91% dari validator ahli bahasa (kategori layak digunakan), dan 85% dari validator ahli materi (kategori layak digunakan). Sedangkan untuk kepraktisan, media ini memperoleh rata-rata sebesar 92% diperoleh dari tanggapan guru (kategori praktis digunakan). Sementara itu, respon dari siswa mencapai 93% (kategori praktis digunakan). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan media pembelajaran Kartu ASIK telah terbukti memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan, sehingga sesuai untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran di tingkat sekolah dasar. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Kartu ASIK en_US
dc.subject Canva en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ASIK BERBANTUAN CANVA PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD SWASTA BAKTI 1 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account