Research Repository

Transformasi Pembelajaran Matematika: Dampak Media Tangram pada Siswa kelas II di Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia

Show simple item record

dc.contributor.author adha, Nurul
dc.date.accessioned 2025-05-09T11:30:44Z
dc.date.available 2025-05-09T11:30:44Z
dc.date.issued 2025-04-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27119
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan media tangram terhadap pencapaian tujuan pembelajaran matematika siswa II Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia, khususnya pada materi geometri. Penelitian ini mengadopsi desain kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental jenis one group pretest-posttest design, yang melibatkan 10 siswa sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Analisis menggunakan uji t sampel berpasangan. Temuan penelitian mengungkapkan nilai p < 0,001, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tangram secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa, khususnya pada materi geometri. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media tangram sebagai media pembelajaran yang menarik dan efektif. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Transformasi Pembelajaran Matematika en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.subject Media Tangram en_US
dc.title Transformasi Pembelajaran Matematika: Dampak Media Tangram pada Siswa kelas II di Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account