Research Repository

Pengaruh Media Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia

Show simple item record

dc.contributor.author Fadilah, Ziana Zahra
dc.date.accessioned 2025-05-09T11:10:53Z
dc.date.available 2025-05-09T11:10:53Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27118
dc.description.abstract Tujuan dari kajian itu agar mengkaji mengevaluasi dampak aplikasi media diorama untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikir kreatif di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia, khususnya dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan yang diterapkan adalah kuantitatif menggunakan desain studi pre-eksperimen yang melibatkan, menerapkan pendekatan menggunakan metodologi desain eksperimen dengan satu kelompok yang menjalani tes awal dan tes akhir yang melibatkan subjek dalam kelompok kelas IV yang melibatkan 15 siswa serta dijadikan sebagai sampel yang diteliti. Instrumen tes dilaksanakan dalam dua fase, yang dimaksud adalah tes awal yang diadakan sebelum pemberian intervensi serta setelah pelaksanaan post-test setelahnya. Data dianalisis melalui uji validitas, pengujian reliabilitas, serta analisis hipotesis diterapkan uji t sampel berpasangan. Penemuan dalam penelitian mengindikasikan terdapat dampak signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif di kalangan murid setelah diberikan perlakuan, perubahan ini tercermin dari nilai rata-rata yang didapatkan evaluasi dari tes awal (pre-test) tercatat dengan nilai 70,5 dan meningkat menjadi 89,6 setelah Post-test. Dalam analisis hipotesis melalui Paired Sample t-Test P-value dengan nilai 0,000, yang di bawah level signifikansi 0,05, berimplikasi pada penerimaan hipotesis alternatif (Ha). Berdasarkan temuan di sisi lain, hipotesis nol (h0) ditolak. kesimpulannya penggunaan media diorama secara signifikan berkontribusi dalam usaha untuk memperkuat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject media diorama en_US
dc.subject kemampuan berpikir kreatif en_US
dc.subject profil pelajar pancasila en_US
dc.title Pengaruh Media Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account