Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis
kosakata pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) melalui
teknik Simak-Catat di kelas Matthayom 5 Islamwittaya School. Subjek
penelitian adalah pemelajar kelas Matthayom 5 di Islamwittaya School
yang terdiri dari 22 pemelajar. Metode yang digunakan yaitu Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, dengan
setiap siklus mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan menulis kosakata,
dokumentasi, dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan
kemampuan menulis kosakata pemelajar BIPA telah meningkat secara
signifikan. Pada tahap pratindakan, nilai rata-rata kelas adalah 64 (kategori
kurang). Pada siklus I, setelah penerapan teknik simak catat, nilai rata-rata
meningkat menjadi 79 (kategori cukup). Perbaikan pada siklus II dengan
memperhatikan alokasi waktu dan penggunaan media kertas bergambar
benda-benda sekitar kelas menghasilkan peningkatan nilai rata-rata
menjadi 90 (kategori baik). Peningkatan signifikan terlihat dari persentae
pemelajar yang mendapat nilai sangat baik, dari tidak ada pada
pratindakan, meningkat menjadi 14% pada siklus I, dan mencapai 45%
pada siklus II. Pada hasil observasi aktivitas guru juga menunjukkan
peningkatan dari 79% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II, sementara
hasil observasi aktivitas pemelajar meningkat dari 62% menjadi 88%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik simak catat efektif dalam
meningkatkan kemampuan menulis kosakata pemelajar BIPA, dengan
mendorong pemelajar untuk aktif mencatat dan mengolah informasi
linguistik secara sistematis dan kontekstual.