Abstract:
Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui Apakah ada pengaruh alat
permainan edukatif (APE) Portable sensory path terhadap pemahaman
budaya Indonesia pada anak usia dini di TK An-Najwa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, dan sampelnya terdiri dari 30
responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Pre/Post Test dan
Instrumen Penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis non-parametrik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan Alat Edukatif (APE) Portable Sensory Path
berpengaruh terhadap pemahaman budaya Indonesia pada anak usia dini di
TK An-Najwa yang dibuktikan melalui hasil uji hipotesis Wilcoxon T test
yang menolak hipotesis nol maka ada perbedaan dari hasil pre-test dan post-
test pada subjek yang sama. Hasil uji hipotesis tersebut didukung melalui
hasil deskriptif statistik bahwa terlihat adanya peningkatan skor pemahaman
budaya setelah penerapan metode Portable Sensory Path dalam hasil post-
test yang lebih tinggi dibandingkan pre-test. Anak-anak yang belajar
menggunakan APE Portable Sensory Path menunjukkan pemahaman yang
lebih baik mengenai budaya Indonesia dibandingkan sebelum penggunaan
metode tersebut.