Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pemberian reward dalam
upaya menanamkan nilai kedisiplinan bagi anak usia dini beserta faktor
penghambatnya. Lokasi penelitian di TK ABA 25 Medan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan
data menggunakan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman dengan tahap,
koleksi data, kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan reward di TK ABA 25
Medan dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti pemberian hadiah, pujian, stiker
lucu, dan origami berbentuk bintang atau love. (2) Untuk menanamkan nilai
disiplin pada anak pemberian reward dilakukan bagi anak-anak yang disiplin pada
saat kehadiran ia mampu meletakkan sepatu ke tempat nya, saat belajar ia
merapikan kembali alat tulis ke tempat yang sudah di sediakan, saat bermain ia
mampu bergiliran dan bergantian dalam bermain, saat jam makan tiba anak juga
mampu menyusun kembali botol minum dan tempat makanannya. (3) Faktor
penghambatnya adanya keterbatasan anggaran dalam pemberian reward dan juga
guru harus lebih berkreasi dalam mempersiapkan reward dengan menyesuaikan
minat anak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan Implementasi
pemberian reward dapat menanamkan nilai kedisiplinan pada anak usia dini
khususnya di TK ABA 25 Medan.