dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pendekatan metakognitif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020, (2) Berapa Persen pengaruh pendekatan metakognitif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan metakognitif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020, (2) Untuk mengetahui berapa persen pengaruh pendekatan metakognitif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau (Quasi Eksperimen Design) dengan rancangan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan siswa kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa di SMP Bina Satria Mulia Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling.. Instrument penelitian berupa soal tes hasil belajar matematika yang berbentuk uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji t-test untuk menguji hipotesis yang diajukan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan ternyata diperoleh harga thitung (3,0762) setelah dibandingkan dengan ttabel (2,002) ternyata thitung(3,0762)>ttabel(2,002) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan metakognitif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2022 dengan pengaruh sebesar 5,41%. |
en_US |