Abstract:
Pendahuluan: Motivasi belajar merupakan faktor penting yang memengaruhi
kesiapan belajar mandiri mahasiswa. Dalam pendidikan profesi dokter, kemampuan
untuk belajar mandiri sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan akademik dan
profesional.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan motivasi belajar terhadap
kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa pendidikan profesi dokter Fakultas
Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan
potong lintang. Responden penelitian adalah 92 mahasiswa pendidikan profesi
dokter, dipilih menggunakan metode consecutive sampling. Data dikumpulkan
melalui kuesioner SDLRS dan MSLQ yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan
menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil: Sebagian besar responden memiliki motivasi belajar tinggi (73,9%) dan
kesiapan belajar mandiri tinggi (75%). Analisis bivariat menunjukkan hubungan
signifikan antara motivasi belajar dan kesiapan belajar mandiri (p = 0,001, r =
0,572), yang berarti semakin tinggi motivasi belajar, semakin tinggi kesiapan
belajar mandiri.
Kesimpulan: Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar
dan kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa pendidikan profesi dokter Fakultas
Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.