dc.description.abstract |
Pada kegiatan belajar mengajar keterampilan berbicara anak Kelompok A di RA
Jauharah Pasar 3 B Mabar Hilir Medan masih rendah. Hal ini terlihat dari sikap
anak tidak respon jika kegiatan ini diberikan. Anak juga masih malu dan kurang
percaya diri.
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak
Kelompok A dengan Metode Bernyanyi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini yang
menjadi subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Jauharah Pasar 3 B
Mabar Hilir Medan. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dengan teman
sejawat, guru, dan juga kepala sekolah.
Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif untuk mendapatkan data yang analisis melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini dirancang dan dilakukan dengan 3
siklus.
Hasil penelitian ini dapat terlihat dari presentase rata-rata den perkembangan
anak yang pada kondisi awal rata-rata kemampuan anak adalah sebesar 16,62%,
pada siklus I naik menjadi 29,67%, pada siklus II naik menjadi 53,27% dan pada
siklus III naik lagi menjadi 83,25%.
Simpulan penelitian ini adalah dalam penerapan Metode Bernyanyi untuk
Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak di RA Jauharah Pasar 3 B Mabar
Hilir Medan dapat meningkat. |
en_US |