Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/26724
Title: METODE NARRATIVE MEDICINE YANG EFEKTIF SEBAGAI PEMBELAJARAN EMPATI PADA MAHASISWA KEDOKTERAN: SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS
Other Titles: PATRIALIS BAYU PERMANA
Authors: PERMANA, PATRIALIS BAYU
Keywords: Narrative Medicine;mahasiswa kedokteran
Issue Date: 11-Feb-2025
Abstract: Narrative Medicine merupakan salah satu disiplin dalam dunia kedokteran yang bertujuan untuk mengenali, menyerap, menginterpretasi, dan membuat dokter menjadi lebih tergerak oleh cerita pasien. Salah satu tujuan utama dari Narrative Medicine adalah meningkatkan empati. Peningkatan empati ini dapat dilakukan dengan metode Narrative Medicine sejak tingkat mahasiswa kedokteran. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan metode Narrative Medicine yang dapat digunakan untuk meningkatkan empati mahasiswa kedokteran. Penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur sistematis dengan menggunakan 2 database, yakni Science Direct dan Pubmed serta penyaringan tahun publikasi artikel penelitian berdasarkan dari dua database tersebut mulai tahun 2019 hingga 2024 yang membahas tentang metode Narrative Medicine yang dapat digunakan untuk meningkatkan empati mahasiswa kedokteran. Artikel ilmiah yang diseleksi berdasarkan rincian tersebut dianalisis menggunakan Research Question yang telah dirumuskan. Hasil dari penelitian ini menjabarkan beberapa pilihan metode Narrative Medicine yang dapat diimplementasikan kepada mahasiswa kedokteran untuk meningkatkan empati. Metode ini sangat variatif, yakni kuliah Narrative Medicine, diskusi forum, Project-based Learning, Storytelling, menulis, penelitian kualitatif, modul CrAft, 3-stage model NM, dan Collaborative Songwriting
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26724
Appears in Collections:Medical science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PATRIALIS BAYU PERMANA.pdf1.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.