Abstract:
Narrative Medicine merupakan salah satu disiplin dalam dunia kedokteran yang
bertujuan untuk mengenali, menyerap, menginterpretasi, dan membuat dokter
menjadi lebih tergerak oleh cerita pasien. Salah satu tujuan utama dari Narrative
Medicine adalah meningkatkan empati. Peningkatan empati ini dapat dilakukan
dengan metode Narrative Medicine sejak tingkat mahasiswa kedokteran. Tujuan
dari penelitian ini untuk menentukan metode Narrative Medicine yang dapat
digunakan untuk meningkatkan empati mahasiswa kedokteran. Penelitian ini
menggunakan pendekatan tinjauan literatur sistematis dengan menggunakan 2
database, yakni Science Direct dan Pubmed serta penyaringan tahun publikasi
artikel penelitian berdasarkan dari dua database tersebut mulai tahun 2019 hingga
2024 yang membahas tentang metode Narrative Medicine yang dapat digunakan
untuk meningkatkan empati mahasiswa kedokteran. Artikel ilmiah yang diseleksi
berdasarkan rincian tersebut dianalisis menggunakan Research Question yang
telah dirumuskan. Hasil dari penelitian ini menjabarkan beberapa pilihan metode
Narrative Medicine yang dapat diimplementasikan kepada mahasiswa kedokteran
untuk meningkatkan empati. Metode ini sangat variatif, yakni kuliah Narrative
Medicine, diskusi forum, Project-based Learning, Storytelling, menulis, penelitian
kualitatif, modul CrAft, 3-stage model NM, dan Collaborative Songwriting