Research Repository

ANALISIS PERBANDINGAN KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN DIRI ANTARA MAHASISWA BERORGANISASI DAN TIDAK BERORGANISASI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UMSU

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI, ADINDA DWI
dc.date.accessioned 2025-03-08T02:51:34Z
dc.date.available 2025-03-08T02:51:34Z
dc.date.issued 2025-02-07
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26718
dc.description.abstract Pendahuluan: Dokter merupakan profesi yang diharapkan memiliki kompetensi akademis, klinis, serta soft skill yang prima untuk melayani masyarakat. Salah satunya yaitu keterampilan kepemimpinan diri. Pengembangan keterampilan kepemimpinan diri pada mahasiswa dapat dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler serta melalui kegiatan ekstrakurikuler, termasuk organisasi. Organisasi memberikan kesempatan mengasah keterampilan kepemimpinan diri dan berkorelasi positif dengan pencapaian akademik. Namun, minat mahasiswa FK UMSU untuk berorganisasi semakin menurun. Tujuan: Mengetahui perbedaan keterampilan kepemimpinan diri antara mahasiswa berorganisasi dan tidak berorganisasi di FK UMSU. Metode: Deskriptif analitik dengan desain cross-sectional. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil: Berdasarkan skor rerata lebih tinggi keterampilan kepemimpinan diri mahasiswa berorganisasi yaitu 114,33, sedangkan mahasiswa tidak berorganisasi dengan rerata 102,31. Pada aspek strategi pola berpikir konstruktif, mahasiswa berorganisasi dengan rerata tertinggi, yaitu 39,54, dibandingkan mahasiswa tidak berorganisasi yang dengan rerata 34,81. Aspek strategi yang berfokus pada perilaku dengan rerata 58,31 pada mahasiswa berorganisasi dan 52,64 pada mahasiswa tidak berorganisasi. Aspek strategi reward alami, mahasiswa berorganisasi mendapat rerata 16,47, sedangkan mahasiswa tidak berorganisasi dengan rerata 14,86. Rerata hasil studi mahasiswa berorganisasi adalah 3,26, lebih tinggi dibandingkan mahasiswa tidak berorganisasi dengan rerata 2,95. Penelitian ini menggunakan uji T independen didapatkan nilai p adalah 0,001 (p<0,05) artinya terdapat perbedaan signifikan keterampilan kepemimpinan diri antara mahasiswa yang berorganisasi dan tidak berorganisasi. Kesimpulan: Rerata dari keterampilan kepemimpinan diri, seluruh aspek keterampilan kepemimpinan diri, dan hasil studi lebih baik pada mahasiswa berorganisasi. Secara statistik terdapat perbedaan signifikan keterampilan kepemimpinan diri pada mahasiswa yang berorganisasi dan tidak berorganiasi pada mahasiswa FK UMSU. en_US
dc.subject Keterampilan Kepemimpinan Diri en_US
dc.subject Mahasiswa Kedokteran en_US
dc.subject Organisasi en_US
dc.subject Soft-Skill en_US
dc.title ANALISIS PERBANDINGAN KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN DIRI ANTARA MAHASISWA BERORGANISASI DAN TIDAK BERORGANISASI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UMSU en_US
dc.title.alternative ADINDA DWI PUTRI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account