dc.description.abstract |
Masalah penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam
mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama karena tidak adanya model
pembelajaran yang mempuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Pengaruh Model Probing Prompting melalui Permainan Tantangan terdapat
kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Intrinsik Drama Oleh Siswa kelas
XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan
yang berjumlah 95 siswa yang tersebar dalam tiga kelas. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas dari kelas XI MIA2 sebagai kelas pretest dan
posttest yang berjumlah sebanyak 33 siswa. Metode penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one-grup pretest
posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur
keberhasilan model ini adalah tes tanya jawab dan tertulis. Setelah data analisis
diketahui kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama siswa
dengan menggunakan model Probing Prompting melalui Permainan Tantangan
dengan nilai rata rata 76,48 termasuk katagori baik. Sedangkan kemampuan
mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama siswa tanpa menggunakan model
Probing Prompting melalui Permainan Tantangan dengan nilai rata-rata 48,90
termasuk katagori kurang. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih besar
dari ttabel (15,40 > 1,69) dengan ini peneliitian yang dilakukan diterima dan
berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkkan adanya pengaruh yang signifikan
dalam penggunaan model pembelajaran Probing Prompting melalui Permainan
Tantangan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik oleh
siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. |
en_US |