Research Repository

Pengaruh Model Probing Prompting melalui Permainan Tantangan terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Intrinsik Drama oleh Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Sinulingga, Fatin Nadia
dc.date.accessioned 2020-03-17T04:02:11Z
dc.date.available 2020-03-17T04:02:11Z
dc.date.issued 2019-11-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2660
dc.description.abstract Masalah penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama karena tidak adanya model pembelajaran yang mempuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Probing Prompting melalui Permainan Tantangan terdapat kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Intrinsik Drama Oleh Siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 95 siswa yang tersebar dalam tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas dari kelas XI MIA2 sebagai kelas pretest dan posttest yang berjumlah sebanyak 33 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one-grup pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tanya jawab dan tertulis. Setelah data analisis diketahui kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama siswa dengan menggunakan model Probing Prompting melalui Permainan Tantangan dengan nilai rata rata 76,48 termasuk katagori baik. Sedangkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama siswa tanpa menggunakan model Probing Prompting melalui Permainan Tantangan dengan nilai rata-rata 48,90 termasuk katagori kurang. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (15,40 > 1,69) dengan ini peneliitian yang dilakukan diterima dan berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Probing Prompting melalui Permainan Tantangan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik oleh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. en_US
dc.title Pengaruh Model Probing Prompting melalui Permainan Tantangan terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Intrinsik Drama oleh Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account