Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model
peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis rangkuman alur
cerita fiksi padasiswa kelas VIII MTs Nurul Huda Medan Tahun Pembelajaran
2022/2023.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs
Nurul HudaMedan Tahun Pembelajaran 2022/2023 yang terdiri atas tiga kelas
yaitu VIII-A, VIII-B, dan VIII-C yang berjumlah 97 orang siswa. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kuantitatif, penelitian ini menggunakan design penelitian one-group-pretest posttest. Instrumen penelitian ini berupa tes yaitu dengan tes menulis
rangkuman alur cerita fiksi. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui
bahwa menulis rangkuman alur cerita fiksi dengan menggunakan model peta
pikiran (mind mapping) memperoleh nilai rata- rata 87,60 dibuktikan dengan
rincian 85-100 berjumlah 22 siswa dengan presentase 78,57% dan 70-84
berjumlah 6 siswa dengan presentase 21,42%. Sedangkan kemampuan menulis
rangkuman alur cerita fiksi sebelum menggunakan model peta pikiran (mind
mapping) dengan nilai rata-rata 68,70 dibuktikan dengan rincian 85-100
berjumlah 4 orang dengan presentase 14,28%, 70-84 berjumlah 8orang dengan
presentase 28,57% dan 55-69 berjumlah 16orang dengan presentase 57,14%.
Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model peta pikiran (mind mapping)
terhadap kemampuan menulis rangkuman alur cerita fiksi pada siswakelas VIII
MTs Nurul Huda Medan tahun pembelajaran 2022/2023.