Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Pengaruh model
pembelajaran problem based learning berbasis media lagu terhadap kemampuan
menulis teks puisi oleh siswa kelas X SMAN 4 Medan. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 432 siswa dan sampelnya
adalah siswa kelas X-12 yang berjumlah 36 siswa. Objek yang diteliti adalah
penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis media lagu
terhadap kemampuan menulis teks puisi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
tes. Teknik analisis data menggunakan non-paramentrik uji wilcoxon. Berdasarkan uji
statistik non-paramentrik uji wilcoxon diperoleh nilai rata-rata perbedaan antara
pretes (sebelum diberikan treatment) dengan postes (setelah diberikan perlakuan)
yaitu: nilai Z hitung -4.393b dan P value Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena
nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima”
artinya ada perbedaan dari sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran
problem based learning berbasis media lagu dalam kegiatan menulis teks puisi oleh
siswa kelas X SMAN 4 Medan.