dc.contributor.author |
Utami, Tri Anisa |
|
dc.date.accessioned |
2020-03-17T03:25:33Z |
|
dc.date.available |
2020-03-17T03:25:33Z |
|
dc.date.issued |
2019-10-03 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2656 |
|
dc.description.abstract |
Model pembelajaran Creative Problem Solving adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Ketika dihadapkan dengan suatu pertanyaan, siswa dapat melakukan keterampilan memecahkan masalah untuk memilih dan mengembangkan tanggapannya. Tidak hanya dengan cara menghafal tanpa berpikir, keterampilan memecahkan masalah memperluas proses berpikir. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dan berapa persen pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi operasi aljabar pada siswa kelas VII SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dan untuk mengetahui berapa persen pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Bina Satria Mulia Medan. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas VII-1 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving yang berjumlah 21 siswa dan kelas VII-2 yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran ekspositori yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk essai yang berjumlah 5 soal yang telah divalidkan. Dimana soal pre test dan post test sama. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh harga thitung (2,35) setelah dibandingkan dengan ttabel (2,021), ternyata thitung (2,35) > ttabel (2,021) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh antara model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020 dengan pengaruh sebesar 7,29%. |
en_US |
dc.publisher |
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Pemecah Masalah Matematika |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Creative Problem Solving |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |