Abstract:
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata yang didalamnya mencakup
memahami menghayati, dan mengamalkan dalam kehidupan sehari- hari dan
menjadikan acuan untuk mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta
didik.Permasalahan dalam penelitian ini adalah melemahnya karakter
kewarganegaraan pada diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana revitalisasi karakter kewarganegaraan (civic disposition) dapat
dilaksanakan melalui mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Wampu Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan
pengembangan civic disposition pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran guru Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) dalam mengembangkan Civic Disposition yaitu dengan
membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai kebutuhan guru untuk
melaksanakan tugasnya. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan
Civic Disposition, yaitu materi pembelajaran, metode pembelajaran, media
pembelajaran, sumber belajar dan evaluasi pembelajaran yang diterapkan di dalam
kelas guna mengembangkan civic disposition siswa. (3) Pengembangan Civic
Disposition dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu untuk
menanamkan tradisi-tradisi baik yang dilakukan sehari-hari secara tidak langsung
menjadi karakter para peserta didik. Contohnya mengajarkan peserta didik agar selalu
mengikuti upacara bendera setiap hari senin, selalu mentaati peraturan-peraturan
sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa revitalisasi karakter
kewarganegaraan (civic disposition) dapat dilaksanakan melalui mata pelajaran PPKn
di SMP Negeri 1 Wampu Tahun Pelajaran 2024/2025. Disarankan kepada kepala
sekolah hendaknya agar memperhatikan dan memaksimalkan program-program yang
dapat mendukung revitalisasi civic disposition siswa.