Research Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA ASUHAN DAYA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SETIANI, SRI
dc.date.accessioned 2024-11-19T07:34:29Z
dc.date.available 2024-11-19T07:34:29Z
dc.date.issued 2024-08-29
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26421
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya ketuntasan dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Asuhan Daya Medan dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mana penelitian tindakan berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran. Sesuai orientasinya, jenis penelitian ini memiliki kemampuan untuk memperbaiki atau meningkatkan proses dan kualitas hasil belajar. Pada penelitin ini, peneliti menggunakan instrument penelitian berupa kuisioner penelitian dalam bentuk Google Form untuk mengumpulkan data. Peneliti akan meminta responden untuk menjawab pertanyaan atau pernyataan yang paling tepat dengan pendapat, perasaan, responden. Pada pra siklus, dari 30 siswa 20 diantaranya telah mencapai KKM 70 dengan persentase 66,67% dan 10 siswa yang belum mencapai KKM 70 dengan persentase 33,33%. Dari hasil penelitian dalam penerapan metode pembelajaran inquiry ini dilaksanakan dengan 2 siklus untuk mencapai target ketuntasan. Dengan siklus I diantaranya yang telah mencapai KKM 70 berjumlah 23 siswa atau 76,67 % dan yang belum mencapai target 7 siswa atau 23,3% dan pada siklus II metode pembelajaran inquiry telah mencapai target dengan KKM 70 berjumlah 29 siswa atau 96,67% dan yang belum mencapai KKM 70 berjumlah 1 siswa atau 3,33%. Jadi metode pembelajaran inquiry ini dapat dikatakan berhasil karena sudah mencapai target ketuntasan yaitu diatas 80%. Jadi dapat disimpulkan bahwa yang diterapkannya model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terkhusus dalam mata pelajaran PPKn en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Inquiry en_US
dc.subject SMA Asuhan Daya en_US
dc.subject Prestasi en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA ASUHAN DAYA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account