dc.description.abstract |
Tujuan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk
mengetahui kemampuan anak dalam berdoa pada anak di RA Iftah Rizkiansyah,
dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembiasaan doa-doa harian
dalam kegiatan pembelajaran terhdap peningkatan kemampuan anak dalam berdoa
pada anak di RA Iftah Rizkiansyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data utama penelitian
adalah lembar observasi kemampuan anak dan kemampuan guru. Subjek
penelitian adalah 15 anak di RA Iftah Rizkiansyah Tahun Ajaran 2018/2019.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan anak dalam berdoa
pada anak di RA Iftah Rizkiansyah sudah sangat baik setelah mengikuti kegiatan
yang dilakukan. Namun sebelum dilakukannya tindakan diketahui bahwa
kemampuan anak dlam berdoa masih sangat perlu ditingkatkan karena banyak
anak yang tidak mampu membacakan doa dengan lengkap terlebih dalam
mengartikan doa yang dihafalnya. Kemampuan anak dalam berdoa menjadi lebih
baik setelah anak dibiasakan dalam kegiatan sehari-hari untuk melakukan doa-doa
dalam setiap kegiatan pembelajarn yang dilakukan dan memungkinkan untuk
dibacakan doa-doa sesuai tuntunan agama. Selanjutnya, melalui penerapan
metode pembiasaan doa-doa harian dalam kegiatan pembelajaran mampu
meningkatkan kemampuan anak dalam berdoa pada anak di RA Iftah
Rizkiansyah. Hal ini didasarkan pada peningkatan keberhasilan yang terjadi
secara terus menerus dimana sebelum dilakukannya tindakan, kemampuan anak
dalam berdoa hanya mencapai nilai 28,89 % dengan kriteria kurang. Setelah
dilakukan perencanaan dan pelaksanaan tindakan pada siklus I maka hasil yang
diperoleh terjadi peningkatan kemampuan anak dalam berdoa mencapai 68,89 %
dengan kriteria baik. Pada siklus II hasil yang diperoleh mencapai 77,78 %
dengan kriteria baik. Peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus III dengan
nilai mencapai 91,11 % dengan kriteria baik sekali. Oleh sebab itu, pembiasaan
doa dalam kegiatan pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan anak dalam
berdoa |
en_US |