Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Da.Lam Berdoa Melalui Pembiasaan Doa-Doa Harian Dalam Kegiatan Pembelajaran Pada Anak Di Ra Iftah Rizkiansyah

Show simple item record

dc.contributor.author Akmal, Dinil Khairul
dc.date.accessioned 2020-03-16T08:32:24Z
dc.date.available 2020-03-16T08:32:24Z
dc.date.issued 2018-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2639
dc.description.abstract Tujuan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui kemampuan anak dalam berdoa pada anak di RA Iftah Rizkiansyah, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembiasaan doa-doa harian dalam kegiatan pembelajaran terhdap peningkatan kemampuan anak dalam berdoa pada anak di RA Iftah Rizkiansyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data utama penelitian adalah lembar observasi kemampuan anak dan kemampuan guru. Subjek penelitian adalah 15 anak di RA Iftah Rizkiansyah Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan anak dalam berdoa pada anak di RA Iftah Rizkiansyah sudah sangat baik setelah mengikuti kegiatan yang dilakukan. Namun sebelum dilakukannya tindakan diketahui bahwa kemampuan anak dlam berdoa masih sangat perlu ditingkatkan karena banyak anak yang tidak mampu membacakan doa dengan lengkap terlebih dalam mengartikan doa yang dihafalnya. Kemampuan anak dalam berdoa menjadi lebih baik setelah anak dibiasakan dalam kegiatan sehari-hari untuk melakukan doa-doa dalam setiap kegiatan pembelajarn yang dilakukan dan memungkinkan untuk dibacakan doa-doa sesuai tuntunan agama. Selanjutnya, melalui penerapan metode pembiasaan doa-doa harian dalam kegiatan pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan anak dalam berdoa pada anak di RA Iftah Rizkiansyah. Hal ini didasarkan pada peningkatan keberhasilan yang terjadi secara terus menerus dimana sebelum dilakukannya tindakan, kemampuan anak dalam berdoa hanya mencapai nilai 28,89 % dengan kriteria kurang. Setelah dilakukan perencanaan dan pelaksanaan tindakan pada siklus I maka hasil yang diperoleh terjadi peningkatan kemampuan anak dalam berdoa mencapai 68,89 % dengan kriteria baik. Pada siklus II hasil yang diperoleh mencapai 77,78 % dengan kriteria baik. Peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus III dengan nilai mencapai 91,11 % dengan kriteria baik sekali. Oleh sebab itu, pembiasaan doa dalam kegiatan pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan anak dalam berdoa en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Berdoa en_US
dc.subject Pembiasaan en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Da.Lam Berdoa Melalui Pembiasaan Doa-Doa Harian Dalam Kegiatan Pembelajaran Pada Anak Di Ra Iftah Rizkiansyah en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account