dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Game Puzzle terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan dengan jumlah
188 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-C yang berjumlah 31 siswa.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrument penelitian
yang digunakan berupa eksperimen dengan desain one group pretest- posttest design.
Instumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini
yaitu tes esai atau tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks
eksplanasi sebelum menggunakan media game puzzle memiliki rata-rata 53,87
yang dikatakan kurang. siswa yang meemperoleh kategori baik sebanyak 4 siswa
(12,90%), siswa yang memperoleh kategori cukup sebanyak 12 siswa (38,70%),
siswa yang memperoleh kategori kurang sebanyak 6 siswa (19,35%), dan siswa
yang memperoleh kategori sangat kurang sebanyak 9 siswa (29,03%). Kemampuan
menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan media game puzzle memiliki rata
rata 72,41 yang dikatakan baik. Siswa yang memperoleh kategori sangat baik
sebanyak 7 siswa (22,58%), siswa yang memperoleh kategori baik sebanyak 20
siswa (64,51%), siswa yang memperoleh kategori cukup sebanyak 3 siswa
(9,67%), dan siswa yang memperoleh kategori sangat kurang sebanyak 1 siswa
(3,2%). Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis ddiperoleh thitung = 8,46
selanjutnya harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan 𝛼
= 0,05 dengan dk = N1+ N2 -2 = 60 didapat ttabel 1,67 Berdasarkan nilai ttabel dan
thitung diatas, maka dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yakni 8,46 > 1,67. Sehingga
Ho ditolak Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya pengaruh yang
signifikan pada penggunaan media game puzzle untuk meningkatkan kemampuan
menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun
pembelajaran 2023/2024. |
en_US |