Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui
pengaruh corporate social responsibility terhadap profitabilitas pada Perusahaan
Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data sekunder yang
diperolah dari laporan keuangan perusahaan yang diterbitkan di www.idx.co.id.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik
purposive sampling, dengan jumlah objek 8 perusahaan dengan data selama 4
tahun sehingga memiliki jumlah sampel 32 data.
Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik
deskriptif, analisis regresi linear sederhana dan pengujian hipotesis dengan uji t
serta uji koefisien determinasi (R²). Software yang digunakan untuk melakukan
penelitian ini adalah SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa corporate
social responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan, pengaruh corporate
social responsibility terhadap nilai perusahaan adalah sebesar 33,1%