Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR OLEH SISWA KELAS XI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 2 PEMATANG SIANTAR TAHUN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.author SALSABILA, NADYA
dc.date.accessioned 2024-11-15T07:30:52Z
dc.date.available 2024-11-15T07:30:52Z
dc.date.issued 2024-10-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26305
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning siswa kelas XI SMK Swasta Muhammadiyah 2 Pematang Siantar tahun 2024/2025. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Akuntansi-1 yang berjumlah 30 orang di SMK Swasta Muhammadiyah 2 Pematang Siantar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian menggunakan tes esai yaitu menulis teks prosedur sesuai tema. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memperoleh nilai rata-rata 83,06 dengan kategori sangat baik, sedangkan kemampuan menulis teks prosedur tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memperoleh nilai rata-rata 47,5 termasuk dalam kategori kurang baik, Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 3,79 dengan nilai df sebesar 29 sehingga diperoleh nilai ttabel = 1,69 dengan demikian thitung > ttabel (3,79 >1,69) dengan demikian dapat disimpulkan terdapat adanya perbedaan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning oleh siswa kelas XI SMK Swasta Muhammadiyah 2 Pematang Siantar Tahun 2024/2025. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Project Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Teks Prosedur. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR OLEH SISWA KELAS XI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 2 PEMATANG SIANTAR TAHUN 2024/2025 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account