dc.description.abstract |
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya kecerdasan
buatan, telah membawa dampak signifikan dalam berbagai bidang, termasuk
pendidikan. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara (FIKTI UMSU) menghadapi tantangan dalam
memberikan layanan akademik dan administrasi yang cepat dan akurat kepada
mahasiswa dan staf. Terbatasnya waktu operasional dan jumlah staf menyebabkan
layanan informasi tidak selalu dapat diakses secara optimal. Untuk mengatasi
masalah ini, penelitian ini bertujuan mengembangkan chatbot berbasis Natural
Language Processing (NLP) yang dapat memberikan layanan informasi secara real
time dan dapat diakses kapan saja. Chatbot ini diharapkan dapat meningkatkan
efisiensi layanan akademik dengan menjawab pertanyaan umum secara otomatis,
sehingga mengurangi beban kerja staf dan memperluas akses informasi dengan
layanan yang tersedia 24/7. Implementasi yang tepat, termasuk pemilihan
teknologi, pengumpulan data percakapan, dan pelatihan model NLP yang akurat,
menjadi kunci keberhasilan penerapan chatbot ini di FIKTI UMSU. Hasil pengujian
Black Box menunjukkan performa chatbot mampu merespon 8 pertanyaan yang
diajukan secara acak dengan benar |
en_US |