Abstract:
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui keterampilan menulis teks prosedur
menggunakan media pembelajaran Audio Visual Youtube, (2) untuk mengetahui
keterampilan menulis teks prosedur menggunakan media pembelajaran konvensional
dan (3) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Audio Visual Youtube dalam
menulis teks prosedur. Populasi pada peneltian ini yakni semua peserta didik kelas
Kelas XI TKR 1 SMK Istiqlal Delitua yang berjumlah 66 peserta didik dengan sampel
dalampenelitian ini yakni kelas XI TKR 1 sebagai kelas experimen dan kelas XI TKR 3
sebagai kelas kontrol. Model pembelajaran pada penelitian ini yaknit media
pembelajaran eskperimen dan desain yang digunakan posttest only control design.
Temuan analisis data pada kelas model pembelajaran konvensional diperoleh skor rata-
rata peserta didik yaitu 63,60 dengan presentase 78,04% ataupun banyaknya 14 siswa
atas rentang skor 33 – 93 dikelompokkan rendah dan meraih skor dibawah KKM. Hasil
temuan uji hipotesisnya diraih, mean peserta didik yang menggunakan media
pembelajaran Audio Visual Youtube besarnya 82,10% dengan presentase 86,64% atau
sebanyak 21 siswa pada rentang 60 – 100 dikategorikan tinggi dan mendapat nilai di
atas KKM. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh penggunaan media pembelajaran
Audio Visual Youtube lebih baik dibandingkan penggunaan media pembelajaran
konvesional dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran
Audio Visual Youtube terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa Kelas
XI TKR 1 SMK Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2023/2024