Research Repository

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI PERISAI KUTACANE TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.author DESTYANTI, AZZAHRA
dc.date.accessioned 2024-11-15T02:07:09Z
dc.date.available 2024-11-15T02:07:09Z
dc.date.issued 2024-09-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26260
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri Kutucane Tahun Pembelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Perisai Kutacane tahun pembelajaran 2024/2025 berjumlah 57 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas XI Mia 1 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti ialah instrumen tertulis berupa teks essay. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri Perisai Kutacane tahun pembelajaran 2024/2025 sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning dikategorikan masih rendah dengan nilai rata- rata 65,3. Sementara itu, kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri Perisai Kutacane tahun pembelajaran 2024/2025 sesudah menggunakan model paembelajaran project based learning termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 85, 1. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t dapat diketahui tabel distribusi t dengan taraf signifikan α =0,05 dan d.b= N-1 =30-1=29. Bila nilai signifikansi t < 0,05 maka Ho ditolak, artinya terdapat Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri Perisai Tahun Pembelajaran 2024/2025. Setelah dilakukan perhitungan melalui SPSS 25.0 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00, dimana 0,00< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka dapat dikatakan Model Project Based Learning (PjBL) “Berpengaruh terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri Perisai Tahun Pembelajaran 2024/2025” en_US
dc.subject Model Project Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Menulis en_US
dc.subject Teks Eksplanasi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI PERISAI KUTACANE TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account