Research Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ethnomatematika Kesultanan Melayu Deli Terintegrasi Ar Untuk Pembelajaran Bangun Datar Di Kelas Inklusi Kota Medan

Show simple item record

dc.date.accessioned 2024-11-13T12:31:02Z
dc.date.available 2024-11-13T12:31:02Z
dc.date.issued 2024-08-07
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26167
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah inklusi Kota Medan, meliputi SDN 067261, SDN 064007 dan SDN 064999 untuk mengukur dampak dan pengaruh penerapan aplikasi HistoMath sebagai media pengajaran bangun datar pada materi pembelajaran matematika. Aplikasi ini menggunakan model pengembangan R&D dengan melalui 5 tahapan, 1. Assessment, 2. Design, 3. Development, 4. Implementation, dan 5. Evaluation dengan strategi pembelajaran Discovery Learning (DL) dan pendekatan berbasis etnomatematika yang mengintegrasikan konstruksi bangunan Mesjid Raya dan Istana Maimun era Kesultanan Melayu Deli dengan teknologi Augmented Reality dan 3D 360°. HistoMath memiliki dua tampilan user siswa dan guru. Pada user siswa terdiri atas 6 fitur yaitu 1) Kompetensi, 2) Visualisasi 3D Mesjid Raya Al-Mashun dan Istana Maimun 3) Video terintegrasi Augmented Reality berbasis etnomatematika, 4) Materi, 5) Kuis interaktif berbasis audiovisual, dan 6) Uji kompetensi. Pada tampilan user guru dapat melakukan pembaruan fitur, meninjau hasil perkembangan pembelajaran dan respon siswa. Hasil menunjukkan sebesar 90,63% kategori sangat valid, nilai kepraktisan menunjukkan angka 85% dan berada di kategori sangat praktis. keefektifan diukur melalui data pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 2.8, 6.5 dan 6.2, dengan respon siswa meningkat sebesar 7,4, 12,2, dan 10,2. Berdasarkan uji regresi linier sederhana pengaruh HistoMath sebesar 65,5% terhadap hasil belajar siswa (Nilai Sig. = 0,003). Kesimpulannya, aplikasi HistoMath tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang unik dan menarik, tetapi juga membantu siswa menyelami kearifan lokal, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah inklusi. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Augmented Reality en_US
dc.subject Bangun Datar en_US
dc.subject Bangun Datar en_US
dc.subject Etnomatematika en_US
dc.subject 3D en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ethnomatematika Kesultanan Melayu Deli Terintegrasi Ar Untuk Pembelajaran Bangun Datar Di Kelas Inklusi Kota Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account