dc.description.abstract |
Pendidik perlu mengetahui pentingnya kegiatan membaca pemahaman sebagai kegiatan yang memengaruhi pemerolehan informasi
oleh peserta didik terhadap suatu ilmu baru melalui teks yang dibaca. Kegiatan membaca pemahaman penting untuk semua muatan
pelajaran, maka dari itu penddidik perlu mengetahui strategi yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan membaca pemahaman
sebagai tingkat yang lebih tinggi dan rumit dari kegiatan membaca, sehingga peserta didik dapat memperoleh informasi baru dengan
pengalaman membaca yang berkesan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskribsikan tentaang kegiatan membaca pemahaman,
(2) mendeskribsikan strategi REAP untuk kegiatan membaca pemahaman. Haasil dari penelitian ini adalah: (1) kegiatan membaca
pemahaman merupakan kegiatan membaca yang ilaakukaan untuk memeroleh informasi baru. (2) Strategi REAP merupakan strategi
yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan membaca pemahaman melalui empat langkah, yaitu: Reading (membaca),
Encoding (menyandikan), Annotating (menganotasikan, dan Pondering (merenungkan). Abstrak dalam bahasa Indonesia mengikuti
kaidah dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). |
en_US |