dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan meringkas teks
laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon dengan model project based
learning, kemudian untuk mengetahui kemampuan siswa meringkas teks laporan
hasil observasi dalam bentuk diagram pohon dengan model konvensional, tujuan
akhir penelitian ini adalah untuk mengetahui model project based learning terhadap
kemampuan meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon
oleh siswa kelas X SMA Tamansiswa Medan tahun pembelajaran 2014-2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Tamansiswa Medan. Populasi seluruh
siswa kelas X berjumlah 103 siswa. Populasi yang dijadikan sampel (sampel total)
adalah kelas X IPA-1 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah
siswa 23 orang dan kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22
orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen,
dengan model project based learning pada kelas eksperimen dan model
konvensional pada kelas kontrol. Penelitian ini menunjukkan pengaruh suatu
metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa meringkas teks laporan hasil
observasi dalam bentuk diagram pohon, dengan metode ini peneliti menggunakan
harga pada ttabel sebagai langkah-langkah dalam mengelola hasil data adalah tes
essai meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon.
Hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen
adalah 70,28 (mean) dan pada kelas kontrol 51,51 (mean). Berdasarkan data
tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Project Based Learning
Terhadap Kemampuan Meringkas Teks Laporan Hasil Observasi dalam Bentuk
Diagram Pohon oleh Siswa Kelas X SMA Tamansiswa Medan Tahun Pembelajaran
2014-2015. Hal ini, dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung>ttabel
yaitu (6,05 > 1,681), karena hasil kemampuan siswa dalam meringkas teks laporan
hasil observasi dalam bentuk diagram pohon yang diajar dengan menggunakan
model project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan model konvensional. Dengan demikian, hipotesis Ha
diterima |
en_US |