dc.description.abstract |
Perundungan atau bullying sering terjadi di lingkungan sekolah. Dengan
mempertimbangkan masalah ini, sekolah bukan hanya tempat di mana tempat dari
proses belajar-mengajar berlangsung antara siswa dan guru, tetapi juga tempat
dimana tindakan perundungan dan kekerasan terjadi terhadap korban. Pada sekolah
SMA Negeri 1 Sunggal tindakan perundungan (bullying) terjadi secara langsung
maupun tidak langsung, secara sengaja maupun tidak disengaja, melalui kata-kata,
tulisan, tindakan, dan sosial media. Sehingga penerapan program roots di SMA
Negeri 1 Sunggal yang di lakukan oleh Dinas Pendidikan diberlakukan pada
sekolah ini, mulai dari tahun 2023 akhir pada periode ke-3 program roots
dilaksanakan di Indonesia. Kegiatan Roots adalah kegiatan kampanye anti
perundungan yang berlangsung di sekolah dimana siswa menemukan masalah
perundungan yang ada di sekolah meneliti, mengevaluasi dan mencari solusi
mereka sendiri (Faryanti, 2023). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
implementasi program roots dalam menangani bullying di lingkungan sekolah
(PIK-Remaja Young Generation SMA Negeri 1 Sunggal). Pada penelitian ini,
peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menampilkan data secara
apa adanya agar mendapatkan data secara lengkap untuk melihat fenomena yang
terjadi. Hasil penelitian ini terkait pelaksanaan program roots dalam menangani
bullying di lingkungan sekolah (PIK-Remaja Young Generation SMA Negeri 1
Sunggal). Dengan temuan hasil penelitian berupa bentuk-bentuk bullying yang
terjadi di SMA Negeri 1 Sunggal. Keterkaitan antara PIK-Remaja dengan program
roots yang memunculkan ide penggabungan PIK-Remaja, Program Roots, dan
penegak disiplin dengan membuat nama baru. Adanya miss komunikasi antara
Guru BK dan agen perubahan terkait informasi pelaksanaan kegiatan lanjutan.
Agen perubahan masih belum dipercaya untuk melaporkan dan diminta bantuan
oleh siswa/siswi sehingga menumpuk kepada guru BK. Fokus penelitian ini pada
pelaksanaan dan hal terkait program roots di SMA Negeri 1 Sunggal. |
en_US |