Research Repository

PENGARUH APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.author MIFTA, HULJANNAH
dc.date.accessioned 2024-11-13T03:11:46Z
dc.date.available 2024-11-13T03:11:46Z
dc.date.issued 2024-09-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26122
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi canva terhadap kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Medan 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekperimen. Desain penelitian Posstest-Only Control Desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 248 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VII-I sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Pada penelitian ini Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling karena semua anggota populasi dipilih menjadi sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis cerita fantasi tanpa menggunakan aplikasi canva rata-rata 53,56 termasuk dalam kategori kurang mampu. Sedangkan kemampuan menulis cerita fantasi dengan menggunakan aplikasi canva rata-rata 81,84 termasuk dalam kategori baik. Diketahui siswa yang memperoleh nilai 70-84 sebanyak 7 siswa atau 21,8% dalam kategori baik, siswa yang memperoleh nilai 55-69 sebanyak 8 orang siswa atau 25% dalam kategori cukup, siswa yang memperoleh nilai 40-54 sebanyak 13 orang siswa atau 40,62% dalam kategori kurang baik, yang memperoleh nilai 0-39 sebanyak 4 orang siswa atau 12,5% dalam kategori kurang. Dan siswa yang memperoleh nilai 85-100 sebanyak 11 siswa atau 31,25% dalam kategori sangat baik, siswa yang memperoleh nilai 70-84 sebanyak 16 atau 50% dalam kategori baik, siswa yang memperoleh nilai 55-69 sebanyak 5 orang atau 15,62% dalam kategori cukup. Berdasarkan uji t ini diketahui dari nilai yang lebih besar dari (10,38 > 1,66) dengan ini penelitian yang dilakukan diterima dan terbukti kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh aplikasi canva terhadap kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Medan en_US
dc.subject Aplikasi Canva en_US
dc.subject Kemampuan Menulis en_US
dc.subject Cerita Fantasi en_US
dc.title PENGARUH APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account