dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi canva terhadap
kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Medan
2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Medan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode ekperimen. Desain penelitian Posstest-Only Control Desaign. Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 248
siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G ditetapkan sebagai
kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VII-I sebagai kelas
kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Pada penelitian ini Teknik sampling yang
digunakan adalah nonprobability sampling karena semua anggota populasi dipilih
menjadi sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis
cerita fantasi tanpa menggunakan aplikasi canva rata-rata 53,56 termasuk dalam
kategori kurang mampu. Sedangkan kemampuan menulis cerita fantasi dengan
menggunakan aplikasi canva rata-rata 81,84 termasuk dalam kategori baik.
Diketahui siswa yang memperoleh nilai 70-84 sebanyak 7 siswa atau 21,8%
dalam kategori baik, siswa yang memperoleh nilai 55-69 sebanyak 8 orang siswa
atau 25% dalam kategori cukup, siswa yang memperoleh nilai 40-54 sebanyak 13
orang siswa atau 40,62% dalam kategori kurang baik, yang memperoleh nilai 0-39
sebanyak 4 orang siswa atau 12,5% dalam kategori kurang. Dan siswa yang
memperoleh nilai 85-100 sebanyak 11 siswa atau 31,25% dalam kategori sangat
baik, siswa yang memperoleh nilai 70-84 sebanyak 16 atau 50% dalam kategori
baik, siswa yang memperoleh nilai 55-69 sebanyak 5 orang atau 15,62% dalam
kategori cukup. Berdasarkan uji t ini diketahui dari nilai yang lebih besar
dari (10,38 > 1,66) dengan ini penelitian yang dilakukan diterima dan
terbukti kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh
aplikasi canva terhadap kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII
SMP Negeri 26 Medan |
en_US |