dc.description.abstract |
Strategi marketing Dimsum Homemade pada bidang kuliner salah satunya dengan
meningkatkan inovasi terhadap varian dimsum. Namun beberapa pelaku usaha
Dimsum Homemade memiliki kekurangan dalam memahami pola pembelian
produk dimsum karena terlalu banyaknya varian dimsum saat ini. Pelaku usaha
Dimsum Homemade sebaiknya mengetahui varian dimsum yang paling banyak
digemari. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan stok dimsum mana yang paling
banyak sehingga tidak mengalami kerugian yang besar. Maka dalam hal ini
dibutuhkan teknologi terkait algoritma pola pembelian varian dimsum sehingga
data penjualan terakumulasi dengan baik dan mudah untuk mengetahui varian
dimsum yang sangat diminatiSalah satu solusi yang dibutuhkan adalah dengan
menerapkan metode Association Rule Mining menggunakan perhitungan
algoritma apriori. Penerapan Association Rule Mining (aturan asosiasi), yaitu
teknik data mining untuk menemukan aturan asosiasi suatu kombinasi item. Hal
ini dapat membantu untuk menemukan aturan asosiasi antara suatu kombinasi
item varian dimsum yang paling banyak terjual secara bersamaan.Berdasarkan
uraian masalah diatas, maka maksud dan tujuan penelitian ini yaitu menerapkan
metode Association Rule Mining menggunakan algoritma apriori untuk
mempermudah dalam melakukan analisa terhadap varian dimsum mana saja yang
memiliki tingkat penjualan yang tinggi secara bersamaan. Dengan demikian hasil
yang diperoleh dapat digunakan untuk membantu mengambil keputusan dalam
meningkatkan persediaan stok yang akurat dan promosi produk yang lebih baik.
Association rule dengan perhitungan algoritma apriori dapat menghasilkan pada
pola pembelian dimsum Homdemade yaitu terdapat beberapa pola association rule
yang memiliki nilai support dan confidence yang cukup tinggi. Sebagai contoh
dinyatakan bahwa menu dimsum “Udang” memiliki kecenderungan untuk
vi
membeli menu menu dimsum “Ayam” dan sebaliknya. Kemudian menu dimsum
“Ayam” menjadi menu yang terkait dengan menu dimsum lainnya, Meskipun
nilai support dan confidence berbeda-beda |
en_US |