Abstract:
Kelas X SMA Negeri 1 Pulau Rakyat, kabupaten Asahan tahun ajaran 2024/2025
pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks puisi masih terbilang rendah,
dikarenakan beberapa faktor yaitu siswa belum memiliki kemampuan untuk
melakukan tugas menulis khususnya dalam menulis puisi. Mereka juga masih
kesulitan dalam menguasai kriteria penulisan puisi termasuk unsur-unsur
pembangun puisi. Sebagian besar siswa masih merasa kesulitan ketika menuangkan
idenya, disebabkan karena kurangnya kreativitas dalam berpikir, sehingga sulit
menghasilkan ide-ide yang original, siswa kesulitan dalam mengomunikasikan
maksudnya lewat tulisan secara baik, sehingga untuk memahami materi yang
disampaikan oleh guru masih kurang dipahami. Terdapat alternatif untuk
memecahkan permasalahan tersebut yang dapat diterapkan untuk meningkatkan
keterampilan menulis teks puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Rakyat,
Kabupaten Asahan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran Sugesti
Imajinasi. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan
metode tersebut dan memperoleh hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran sugesti imajinasi
berbasis media video Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara terhadap
kemampuan menulis puisi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pulau Rakyat, Kabupaten
Asahan berdasarkan hasil analisis paired sample t-test yang memeroleh nilai
signifikansi sebesar 0,01, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis
nol (Ho) ditolak