Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kinerja
perusahaan pada Rumah Sakit dr. Abdul Malik Lanud Soewondo jika diukur
berdasarkan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis
internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pendekatan penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik kuesioner dan
dokumentasi yang bersumber dari laporan anggaran belanja dan pendapatan dan
laporan realisasi belanja dan pendapatan, data jumlah pasien, karyawan, dan tempat
tidur Rumah Sakit dr. Abdul Malik Lanud Soewondo tahun 2021-2023. Dan teknik
Analisis data yan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu
suatu kegiatan yang berusaha menyajikan dan menganalisis data sehingga dapat
memberikan gambaran yang jelas mengenai objek yang diteliti pada kinerja Rumah
Sakit dr. Abdul Malik Lanud Soewondo yang diukur dengan pendekatan Balanced
Scorecard.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Rumah Sakit dr. Abdul Malik Lanud
Soewondo dari perspektif keuangan yaitu rasio ekonomis dalam keadaan ekonomis,
rasio efisiensi dalam keadaan kurang efisien, dan rasio efektifitas dalam keadaan
tidak efektif. Perspektif pelanggan dalam keadaan tidak baik. Perspektif proses
bisnis internal yaitu Bed Turn Over (BTO) dalam keadaan tidak ideal dan Average
Leght of Stay (ALOS) dalam keadaan tidak ideal tahun 2021 dan 2022, ideal tahun
2023. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dalam keadaan baik