Abstract:
tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model
pembelajaran problem solving berbasis kelompok terhadap Kemampuan berpikir
kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Panai Tengah T.p. 2024/2025. Penelitian ini
bersifat kuantitatif dimana data yang dihasilkan akan berbentuk angka. Dari data
yang didapat dilakukan analisis dengan menggunakan software SPSS. Pada
langkah awalnya penulis memberikan lembar soal essay yang berisikan lima soal
dengan level kognitif C6 kepada siswa/I sebagai alat umtuk mengetahui
bagaimana kemampuan berfikir siswa dimana untuk sekolah tingkat SLTA harus
sudah memakai soal dengan level kognitif tinggi. Hasil yang didapatkan rata-rata
siswa mendapat nilai dibawah 80 yang berarti kemampuan berfikir siswa masih
kurang, Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem
solving hanya berpengaruh 18% dan 82% lain dipengaruhi oleh variabel lain.