Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning
Berbasis Wordwall terhadap Kemampuan Menemukan Gaya Bahasa Teks Cerpen oleh Siswa
Kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini
adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe Post-test only
control design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari dari seluruh kelas XI sebanyak 10
kelas yang berjumlah 333 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA
3 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas Eksperimen yang mengggunakan
teknik Random Sampling. Instrumen penilaian yang digunakan adalah tes essai yang berisi 1
soal yaitu menemukan 5 gaya bahasa yang sudah dari teks cerpen yang sudah di tentukan oleh
peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menemukan gaya bahasa oleh
siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar tahun pelajaran 2024/2025 dengan
model pembelajaran Game Based Learning Berbasis Wordwall berada pada kategori baik
karena memperoleh rata-rata 77,78 sedangkan, kemampuan menemukan gaya bahasa teks
cerpen dengan metode konvensional berada pada kategori kurang baik karena memporoleh
rata-rata 52,35. Berdasarkan hasil nilai uji-t yaitu Independent Samples Test pada taraf
signifikan 0,05 dan diperoleh Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. maka dapat
diputuskan bahwa terdapat pengaruh yang nyata terhadap kemampuan menemukan gaya
bahasa menggunakan model pembelajaran Game Based Learning berbasis Wordwall oleh
siswa kelas kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Pembelajaran 2024-2025.