Abstract:
Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui keterampilan menulis teks prosedur menggunakan media
pembelajaran ChatGPT, (2) mengetahui keterampilan menulis teks prosedur menggunakan media
pembelajaran konvensional dan (3) mengetahui pengaruh media pembelajaran ChatGPT dalam
menulis teks prosedur. Populasi pada peneltian ini yakni semua peserta didik kelas XI SMA Sinar
Husni Medan yang berjumlah 70 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas XI IPA1
sebagai kelas experimen dan kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol. Pendekatan penelitian ini
kuantitatif dengan metode eskperimen dan desain yang digunakan posttest only control design.
Instrumen penelitian ini yakni tes esai. Temuan analisis data pada kelas kontrol menggunakan media
pembelajaran konvensional diperoleh skor rata-rata peserta didik yaitu 63,67 dengan presentase
74% ataupun banyaknya 20 peserta didik ats rentang skor 55 – 69 dikelompokkan rendah
dan meraih skor dibawah KKM. Berdasarkan temuan uji hipotesisnya diraih, mean peserta
didik yang menggunakan media pembelajaran ChatGPT besarnya 82,6 dengan presentase
86% atau sebanyak 37 siswa pada rentang 70 – 98 dikategorikan tinggi dan mendapat nila di
atas KKM. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh penggunaan media pembelajaran
ChatGPT lebih baik dibandingkan penggunaan media pembelajaran konvesional. Dengan
demikian bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran ChatGPT terhadap
keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI SMK Sinar Husni Medan tahun
2023/2024.