Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Genially
terhadap kemampuan menulis surat resmi pada siswa kelas VII SMP IT Ad
Durrah Medan tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain one group
pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
IT Ad Durrah Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas VII-Ruby
yang berjumlah 29 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel
Purposive sampling. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur
keberhasilan media ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian
kemampuan siswa dalam menulis surat resmi sebelum menggunakan media
pembelajaran Genially diperoleh nilai rata-rata 48,82 termasuk dalam kategori
kurang. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis surat resmi sesudah
menggunakan media pembelajaran Genially diperoleh nilai rata-rata 86,86
termasuk dalam kategori sangat baik, dengan rincian nilai 75 ada 4 orang (14%),
nilai 81 ada 5 orang (17%), nilai 88 ada 11 orang (38%), dan nilai tertinggi 94 ada
9 orang (31%). Berdasarkan uji t diketahui dari nilai t-hitung > t-tabel yaitu 31,96
> 1,70 dengan ini terbukti bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan
media pembelajaran Genially terhadap kemampuan menulis surat resmi pada
siswa kelas VII SMP IT Ad Durrah Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.