Abstract:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi mentor dalam meningkatkan
kualitas hafalan Al-Qur‟an mahasiswa rusunawa umsu sesuai dengan hasil temuan
peneliti yaitu mentor menggunakan strategi pengulangan ganda yaitu ketika
mentoring mahasiswa diberitahukan untuk mengulang kembali hafalan Al-Qur‟an
yang telah di hafal kemudian menyetorkannya kepada mentor,tidak beralih pada
ayat berikutnya sebelum ayat yang sedang dihafal benar-benar hafal Hal ini untuk
mengkuatkan hafalan Al-Qur‟an mahasiswa, hafalan Al-Qur‟an disetorkan pada
seorang mentor agar mahasiswa tidak mudah lupa ketka menghafal Al-Qur‟an.
Kualitas hafalan Al-Qur‟an mahasiswa rusunawa umsu ini sesuai dengan hasil
temuan peneliti dapat dikatakan baik walaupun masih ada mahasiswa yang kurang
lancar bacaannya, tajwidnya dan makhrojnya.hal itu dikarenakan latar belakang
mahasiswa yang berasal bukan dari pesantren.Faktor pendukung Dukungan dan
fasilitas dari pimpinan rusunawa, Adanya kegiatan tahsinul Qur‟an yang diajarkan
oleh ustadz ridho S.Pd yang membantu mahasiswa dalam memperbaiki bacaan
Al-Qur‟an mahasiswa baik tajwid makraj serta panjang pendeknya. Faktor
Penghambat masih saja bercerita saat mentoring sehingga menggangu kegiatan
mentoring yang sedang berlangsung, ketika mentoring masih ada mahasiswa
yang tidak mendengarkan ketika temannya membaca Al-Qur‟an sehingga ketika
gilirannya mereka mengaji mereka kebingungan, Hambatan yang lain juga di
temukan mahasiswa yang malas dalam menghafal Al-Qur‟an sehingga kegiatan
mentoring tersebut tidak optimal.