Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan
kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X Akuntansi SMK NEGERI 6
Medan. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang ditempuh
dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali
pertemuan. Adapun yangg menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X AKL-1
SMK NEGERI 6 Medan yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan
untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes tertulis dalam bentuk soal uraian,
instrumen untuk mengetahui minat siswa berupa lembar observasi, serta
instrumen angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap
peningkatan minat dan hasil belajar dengan pelaksanaan pembelajaran kooperatif
tipe STAD.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, pada siklus 1 terdapat 6 siswa
yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), . pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa,
presentase minat dan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67%, meningkat
menjadi 86,5% pada siklus II dan berapa pada rentan skor sangat tinggi. Hasil
respon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa juga mendapat respon positif
dari siswa, hal ini dibuktikan dari hasil distribusi angket pada siklus I ke siklus II
mengalami peningkatan sebesar 13%.