Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menganalisis teks debat
dengan menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning siswa kelas
X SMAN 9 Medan tahun pembelajaran 2024/2025. Pendekatan kuantatif dengan
menggunakan metode eksperimen dalam bentuk desain penelitian Pottest Only
Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-5 yang berjumlah 36
siswa dan kelas X-2 yang berjumlah 35 siswa didalam penelitian ini
menggunakan tes esai dengan teknik analisis data menggunakan standar deviasi,
dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan kedua variable menunjukkan
nilai normalitas yang baik diatas nilai standar 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan
uji
hipotesis
di
atas
diperoleh
dibandingkan dengan harga
dk = N1 + N2 – 2 = 69 didapat
=
5,82
selanjutnya harga
dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan
1,66. Karena nilai
>
yaitu 5,82
maka hipotesis diterima dan terbukti kebenarannya. Hal ini berarti terdapat
Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Kemampuan
Menulis Teks Debat Siswa Kelas X SMAN 9 Medan Tahun Pembelajaran
2024/2025.