Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen Generasi Z dalam
menggunakan layanan streaming di era Industri 4.0. Perubahan teknologi yang
cepat telah mempengaruhi preferensi dan kebiasaan konsumsi media Generasi Z,
yang dikenal sebagai digital natives. Dalam penelitian ini, dianalisis faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan penggunaan layanan streaming, seperti kebutuhan
konsumsi, teknologi, kondisi sosial, dan keinginan individu. Metode penelitian
yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, yang
melibatkan responden dari kelompok usia Generasi Z. Teknik pengamabilan
sampel menggunakan Non-probability sampling dan diperoleh sampel sebanyak 52
responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari
penyebaran angket (kuisioner). Penelitian ini menggunakan metode analisa
Strucure Equetion Model (SEM). Dengan menggunakan alat bantu olah data
SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kondisi sosial
berpengaruh signifikan terhadap perilaku generasi z dalam layanan streaming
netflix, faktor teknologi berpengaruh signifikan terhadap perilaku generasi z dalam
layanan streaming netflix, dan faktor keinginan individu berpengaruh signifikan
terhadap perilaku generasi z dalam layanan streaming netflix.