Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author RANI, ANGGRAINI
dc.date.accessioned 2024-10-24T02:33:02Z
dc.date.available 2024-10-24T02:33:02Z
dc.date.issued 2024-08-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25597
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekperimen menggunakan bentuk desain eksperimen yaitu pre-experimental dengan menggunakan Tipe One Group Pretes-Posttest Design, dalam desain ini, observasi dilakukan sebanyak du kali, yaitu sebelum eksperimen (O1) dan eksperimen (O2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 47 Sunggal sebanyak 27 Siswa. Pada Penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis. Dari hasil penelitian kemampuan menulis puisi diperoleh hasil yaitu kemampuan menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun pembelajaran 2023/2024 memperoleh nilai rata-rata 63,3333. Kemampuan menulis puisi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun pembelajaran 2023/2024 memperolah nilai rata-rata 81,8889. Berdasarkan analisis data penelitian, Uji t dengan taraf signifikan 0,05, dengan dk = N – 1 = 27 – 1 = 26, dan diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 1,3. Berdasarkan nilai t-tabel yang disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa t-hitung > t-tabel, yaitu 12,7969 >1,3 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun pemebelajaran 2023/2024. en_US
dc.subject Teks Puisi, en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account