dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi
Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran
2023/2024. Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode ekperimen menggunakan bentuk desain eksperimen yaitu
pre-experimental dengan menggunakan Tipe One Group Pretes-Posttest Design,
dalam desain ini, observasi dilakukan sebanyak du kali, yaitu sebelum eksperimen
(O1) dan eksperimen (O2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII
SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 47 Sunggal sebanyak 27 Siswa.
Pada Penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel purposive
sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis. Dari hasil penelitian
kemampuan menulis puisi diperoleh hasil yaitu kemampuan menulis puisi
sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun pembelajaran 2023/2024
memperoleh nilai rata-rata 63,3333. Kemampuan menulis puisi sesudah
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun pembelajaran 2023/2024
memperolah nilai rata-rata 81,8889. Berdasarkan analisis data penelitian, Uji t
dengan taraf signifikan 0,05, dengan dk = N – 1 = 27 – 1 = 26, dan diperoleh taraf
signifikan 5% sebesar 1,3. Berdasarkan nilai t-tabel yang disebutkan di atas, dapat
disimpulkan bahwa t-hitung > t-tabel, yaitu 12,7969 >1,3 sehingga Ho ditolak dan
Ha diterima Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
terhadap penggunaan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe think pair
share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun pemebelajaran 2023/2024. |
en_US |