Abstract:
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem
Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas
VIII SMP Swasta Sabilina Tembung Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi
pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tembung
yang berjumlah 179 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-5
yang berjumlah 31 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan desain one group pretetest posttest design. Instumen yang
digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini yaitu tes esai atau
tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks eksplanasi
sebelum menggunakan model Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata
50,80 yang dikatakan kurang. Siswa yang memperoleh kategori baik sebanyak 1
siswa (3,23%), siswa yang memperoleh kategori cukup sebanyak 12 siswa
(38,71%), siswa yang memperoleh kategori kurang sebanyak 7 siswa (22,58%),
dan siswa yang memperoleh kategori sangat kurang sebanyak 11 siswa (35,48%).
Kemampuan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model Problem
Based Learning memiliki nilai rata-rata 82,74 yang dikatakan sangat baik. Siswa
yang memperoleh kategori sangat baik sebanyak 21 siswa (67,74%), siswa yang
memperoleh kategori baik sebanyak 6 siswa (19,36%), dan siswa yang
memperoleh kategori cukup sebanyak 4 siswa (12,90%). Berdasarkan uji hipotesis
dengan membandingkan thitung dengan ttabel dengan taraf signifikasi 5%. Maka dk =
N - 1 = 31 - 1 = 30 diperoleh thitung (11,91) ttabel (1,697). Sehingga Ho ditolak
dan Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya pengaruh penggunaan
model Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi
pada siswa kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tembung Tahun Pembelajaran
2023/2024.