Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mengetahui apakah penggunaan
aplikasi Question.AI efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahmaan konsep
matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan
menggunakan metode eksperimen dalam bentuk desain penelitian “Quasi
Eksperimental Design”. Hasil tingkat kevalidan Materi oleh validator yang terdiri
dari Dosen Ahli dan Guru matematika menunjukkan bahwa tingkat kevalidan
Materi penggunaaan aplikasi Question.AI untuk Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematika Pada Siswa SMA Hang Tuah Belawan. Penelitian ini telah
menghasilkan RPP dan materi berdasarkan aspek kevallidan memenuhi kriteria
sangat valid. Validasi ahli materi mendapat rata – rata keseluruhannya sebesar
3,72. Sedangkan untuk hasil siswa kelas eksperimen sebelum menggunakan
diperoleh 52,94 dan sesudah menggunakan palikasi diperoleh 82,21. Jadi dapat
disimpulkan bahwa aplikasi Question dapat membatu siswa dalam meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematika.