Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Jihan Nabila
dc.date.accessioned 2024-10-22T08:24:49Z
dc.date.available 2024-10-22T08:24:49Z
dc.date.issued 2024-09-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25521
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal tahun pembelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas X-3 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran Mind Mapping rata-rata 64,9 termasuk dalam kategori kurang (D). Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping rata- rata 83,4 termasuk dalam kategori baik (B) dengan rincian nilai 68 ada 3 orang (12%), nilai 78 ada 3 orang (12%), nilai 81 ada 2 orang (8%), nilai 84 ada 3 orang (12%), nilai 87 ada 9 orang (36%), dan nilai tertinggi 90 ada 5 orang (20%). Berdasarkan uji t diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu 10,3389 > 1,2 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2024/2025. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran Mind Mapping en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2024/2025 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account