dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind
Mapping terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa
kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal tahun pembelajaran 2024/2025.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18
Sunggal. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas X-3 yang berjumlah 25
siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain one group pretest
posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur
keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian
kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi sebelum
menggunakan model pembelajaran Mind Mapping rata-rata 64,9 termasuk dalam
kategori kurang (D). Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks laporan
hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping rata-
rata 83,4 termasuk dalam kategori baik (B) dengan rincian nilai 68 ada 3 orang
(12%), nilai 78 ada 3 orang (12%), nilai 81 ada 2 orang (8%), nilai 84 ada 3 orang
(12%), nilai 87 ada 9 orang (36%), dan nilai tertinggi 90 ada 5 orang (20%).
Berdasarkan uji t diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu 10,3389 > 1,2 dengan
ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping
terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X
SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2024/2025. |
en_US |