Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah nya kemampuan berpikir kritis siswa
pada pembelajaran IPAS. Pembelajaran konvensional disekolah belum
mengoptimalkan cara kerja otak sebagai pusat pembelajaran. Guru masih
menggunakan model pembelajaran CBSH ( catat buku sampai habis) sehingga
membuat proses pembelajaran masih konvensional. Adapun tujuan penelitian
untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning
terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada siswa Kelas IV SDS Muhammadiyah
12 Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
Kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV B
SDS Muhammadiyah 12 Medan. Dimana dengan jumlah siswa 40 orang. Siswa
laki-laki berjumlah 16 orang dan siswa perempuan berjumlah 24 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa
kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDS Muhammadiyah 12 Medan pada
materi IPAS dapat meningkat melalui model pembelajaran Brain Based Learning.
Sebagai simpulan hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh
thitung = 11,366 sedangkan ttabel 1,999. Maka thitung > ttabel (11,336 > 1,999), maka
berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, Ha diterima artinya dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning berpengaruh
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SDS Muhammadiyah 12 Medan Tahun
Pelajaran 2024/2025